Pendidikan Surau Di Minangkabau
Pendidikan dalam lingkungan surau merupakan faktor eksternal yang membentuk. Bukan secara kebetulan Islam mendapat tanah yang subur untuk berkembang di pedalaman tanah Melayu-Minangkabau.
Surau Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas
Di Minangkabau surau kebanyakan lebih dikhususkan sebagai lembaga pendidikan dikarenakan letaknya yang berdampingan dengan masjid.
Pendidikan surau di minangkabau. Kegunaan Surau di Minangkabau Kegunaan surau di minangkabau - Pada dasarnya surau merupakan salah satu tempat beribadah bagi umat Islam. Pendidikan surau sebagaimana yang dikutip oleh Amir Syarifuddin 2004 dalam sebuah artikel yang berjudul Po-kok-pokok Pikiran Islam dan Intelektual Minangkabau mengatakan bahwa dulu di Minang kabau Lembaga pendidikan agama pertama di wilayah adat Minang-kabau adalahsurau. 1 2 Istilah surau sudah dikenal di Minangkabau jauh sebelum kedatangan Islam.
Secara umum Surau memiliki peranan penting dalam sitem pendidikan Islam di Minangkabau baik sebelum terjadinya pembaharuan yang terjadi dua periode periode paderi dan periode kaum muda. Surau adalah suatu lembaga pendidikan Islam terkenal di Indonesia. Di Minangkabau Surau yang pertama digunakan.
Masoed Abidin seorang ulama Minangkabau yang masih hidup. Hal yang paling menonjol adalah bahwa tarekat Syattariyah di Minangkabau berkembang melalui lembaga pendidikan tradisional yang disebut surau. Surau memainkan peranan yang sangat signifikan dalam menyebarkan keilmuan Islam jauh sebelum pendidikan modern yang berbasis Madrasah muncul.
Sedangkan pada masa sebelumnya belum ada bukti yang dapat ditemukan tentang sistem pendidikan Islam di Minagkabau. Di Minangkabau dimulai dengan menukar sistem surau yang tardisional dengan sistem pendidikan modern yang mengenal kelasikan berijazah dan memiliki kurikulum yang terarah. Alim ulama yang berlaku terhadap anak kemenakannya.
Oleh sebab itu Mahmud Yunus berpendapat bahwa Syekh Burhanuddin itu adalah seorang ulama besar asli Minangkabau dan beliaulah yang mula-mula mendirikan madrasah surauuntuk meyiarkan pendidikan dan pengajaran Islam menurut sistim yang lebih teratur sesuai dengan sistim Syekh Abdurrauf gurunya di Aceh. Pendidikan yang diajarkan di surau yaitu beriorientasi pada nilai-nilai agama Islam dan adat istiadat Minangkabau serta pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari seperti. Kondisi ini dilatarbelakangi dengan lahirnya gerakan pembaruan di Minangkabau yang ditandatangani dengan berdirinya madrasah.
Sistem pendidikan Islam di Minagkabau adalah surau yang dirintis oleh Syekh Burhanuddin Ulakan. Dalam sejarah pendidikan Islam di Minangkabau Surau merupakan institusi yang tidak bisa dikesampingkan. Usianya diperkirakan setua usia Islam di wilayah ini Minangkabau.
Historically the existence of surau began to decline due to modernization which permeated the Islamic world. Sumbahyang sholat mangaji mangecek berbicarapidato adat dan basilek bersilat. Tamatan pendidikan dari surau Ulakan kemudian mengembangkan surau-surau di pedalaman Minangkabau.
Berawal dari sistem pendidikan tradisional surau daerah Minangkabau berhasil melahirkan ulama-ulama besar dan intelektual Islam yang memiliki andil dalam perkembangan Islam di Nusantara pada masa lalu. The evolution of the Islamic education system from halaqah to classical changes in curriculum levels in the world of. Selama lebih dari tiga abad yang lalu lembaga pendidikan surau telah memainkan peran penting bagi perkembangan tradisi.
Fungsi surau pada zaman itu lebih kepada pelestarian dan. Surau is an Islamic education institution that is the prototype of other Islamic educational institutions in Minangkabau. Di Minangkabau salah satu tempat untuk mempelajari ajaran Islam dan adat-istiadat pada zaman dulu adalah Surau1.
Surau adalah sentral pendidikan agama dan tradisi Minangkabau bahkan merupakan lembaga edukasi pertama di ranah Minang. Karakteristik surau adalah suatu. Ajaran Islam melahirkan spesialisasi dalam memperdalam ajaran agama di surau-surau meliputi ibadah mualamalah dan ilmu alat.
Perkembangan baru di bidang pendidikan di Minangkabau berdampak langsung terhadap eksistensi surau dimana pada perang Paderi banyak syeikhguru agama yang tewas. Pada awalnya surau berfungsi sebagai tempat upacara adat kemudian berkembang menjadi tempat peribadatan dan berkumpul anak-anak muda untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan. Sehingga mengakibatkan banyak surau yang terlantar karena tidak adanya syeikhguru agama.
Selain sebagai tempat ibadah dakwah dan media umat berkumpul surau disinyalir sebagai salah satu institusi pendidikan Islam pertama di Minangkabau Sumatera Barat. Bahkan dalam perkembangan selanjutnya eksistensi surau bukan menunjukkan suatu jenis lembaga pendidikan mayarakat pendidikan masyarakat akan tetapi lebih dari masyarakat Islam Minangkabau29 Metode Pengajaran Pendidikan Surau Pendidikan Islam yang berkaitan dengan surau itu bersifat sederhana yaitu dimulai dengan mempelajari abjad huruf Abjad Hijaiyyah atau kadang-kadang. VADCOY - Pembahasan tentang sejarah surau sebagai lembaga pendidikan Islam di Minangkabau hanya dipaparkan sekitar awal pertumbuhan surau sampai dengan meredupnya pamor surau.
Segala kebutuhan yang bersifat praktis skill kebijaksanaan tutur kata dan tata krama yang diperlukan orang Minang pada masa dewasanya sebagian besar diperoleh di Surau. Ketokohan mereka tidak dapat dilepaskan sepenuhnya dari Surau atau boleh dikata pernah beroleh pendidikan di Surau. Dari hasil penelurusan sejarah surau telah menjadi sarana institusi penting dalam rangka ikut melakukan pencerdasan dan kemajuan masyarakat khususnya pembelajaran keagamaan dan penanaman nilai-nilai moral.
Dalam sejarah tercatat tokoh-tokoh besar yang mempunyai pengaruh luas banyak lahir dari Surau. Yang dikenal adalah istilah Penghulu atau Ninik Mamak yang merupakan seorang Pemimpin pendidik hakim cendekiawan dan. Selanjutnya peranan surau di Minangkabau mengalami dinamika yang cukup menarik untuk dipelajari.
Untuk memperoleh gambaran sebuah kompleks pendidikan surau di abad-abad yang lalu di Minangkabau kita akan melihat aktivitas surau besar yang didirikan oleh Syekh Abdurrahman 1777-1899 yaitu surau Batu Hampar Payakumbuh. Di Padang Panjang misalnya surau Jembatan Besi dengan duet tenaga pengajar yakni Haji Abdullah Ahmad dan Haji Rasul menjadi cikal bakal sekolah Thawalib. Hal ini merupakan sesuatu yang khas terjadi di Minangkabau karena surau menjadi basis pengembangan.
Berasal dari Sumatera Barat khas Minangkabau. Sebagai warisan lama fungsi surau di Minangkabau mengalami perkembangan secara bertahap. Posisi Guru dalam Pendidikan di Minangkabau Istilah guru baru dikenal di Minangkabau sesudah masuknya pengaruh HinduBudha dan Islam yang di dalam ajaran mereka telah mengenal tokoh guru.
Hal ini berlangsung pada akhir abad 17 di Ulakan Pariaman. Surau berbeda dengan mushola atau masjid di Minangkabau surau bukan hanya sekedar tempat beribadah melainkan memiliki. Buku memaparkan Surau sebagai lembaga pendidikan Islam di Sumatera Barat.
Satu karya yang muncul dalam kajian lembaga pendidikan Islam Indonesia adalah ditulis oleh H. Burhanuddin merupakan ulama penting pertama yang mendirikan surau. Surau mewadahi proses lengkap dari sebuah regenerasi masyarakat Minang sesuatu yang sulit dicari tandingannya dalam kultur manapun di dunia ini.
Mengenal Surau Syekh Burhanuddin Di Tanjung Medan Kabupaten Padang Pariaman
Surau Minang Dan Para Tokoh Negeri Alif Id
Surau Pendidikan Islam Tradisional Dalam Transisi Dan Modernisasi Prenada Media
Muhammadiyah Dan Transformasi Surau Di Minangkabau Suara Muhammadiyah
Pendidikan Di Surau Dan Lapau Bisa Harus Dipertahankan Republika Online
Komentar
Posting Komentar